Jumat, 21 Maret 2014

Tinggal Dimana Nanti?

Leave a Comment
Belum saya jalani, tapi seringkali kepikiran: akan tinggal dimana saya setelah lulus nanti?
Orangtua pun telah sekali-dua kali menanyakan pertanyaan yang sama.

Saya belum menjawab, karena saya memang belum memutuskan.
Tapi saya berharap, semoga tidak di kota yang terlampau besar dan ramai. Malang cukup nyaman ditinggali, menyimpan sejuta kenangan yang cukup manis dan getir untuk tetap dikenang dalam lemari memori, tapi kadang harus menerus memacu hari hingga terasa lewat begitu saja. Melelahkan. 
Saya pendatang, tapi saya punya banyak teman dan kenalan yang baik di sini, tapi tentu saja tidak mungkin selamanya saya akan mengandalkan mereka. Malang telah cukup padat hari-hari ini, tidak seperti Malang beberapa tahun yang lalu yang masih sejuk dan banyak lahan terbuka hijau sepanjang jalan, bukan jejeran ruko-ruko yang bikin sumpek.

Teringat obrolan dengan seorang Manajer Edukasi Telkom saat menemani beliau bertemu para kepala sekolah di Batu, "Tinggal di Malang ga cukup cuma pintar, harus struggle dan kadang harus tega. Kalo cuma pintar, banyak orang yang pintar juga."

Benar, Malang sudah cukup keberadaan orang-orang yang pintar dan kreatif, mungkin saya harus ke kota lain, agar merata lah kemakmuran di negara kita ini. Di kota ini akan sulit sepertinya mempunyai rumah tinggal yang sederhana tapi berhalaman rumput luas untuk tempat anak-anak saya bermain. 

rumah Carl & Elli (dari sini)

Saya tak ingin selamanya dikejar-kejar waktu dan buru-buru memacu kendaraan tiap pagi. Terjebak dalam lautan kendaraan dan dipaksa mendengar puluhan klakson ditekan dalam semenit. Menuakan di jalan. Saya tidak suka.

Tinggal di luar negeri seperti kota kecil di selatan Jepang atau utara Inggris cukup menggoda, saat telah bersuami tentu saja.. tapi mungkin tidak untuk dalam jangka waktu yang sangat sangat lama. 

Mungkin saya akan memilih sub urban saja, tidak terlalu ramai dan tidak pula terlalu sepi. Lalu mungkin saya bisa bekerja di rumah, atau bisa pula menjadi guru di sekolah yang benar-benar membutuhkan saya, atau menjadi guru TPA di sore hari juga, mungkin.

Lalu,  kau akan tinggal dimana?


0 komentar:

Posting Komentar