Sabtu, 23 Februari 2013

Pembentukan Karakter Anak

Leave a Comment
Ini pernah saya baca di sebuah buku psikologi yang saya lupa judulnya (sudah lama, sejak SMP). Dan sejak saat itu saya sadar, parenting itu ga gampang. Makanya saat sekarang saya berkecimpung ke dunia anak-anak dan remaja, saya banyak terbantu dengan ini untuk mengetahui dan sedikit-sedikit membentuk karakter mereka.

  • Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki.
  • Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi.
  • Jika anak dibesarkan dengan hinaan, ia belajar menyesali diri.
  • Jika anak dibesarkan dengan toleransi, ia belajar menahan diri.
  • Jika anak dibesarkan dengan dorongan, ia belajar percaya diri.
  • Jika anak dibesarkan dengan pujian, ia belajar menghargai.
  • Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baiknya perlakuan, ia belajar pengadilan.
  • Jika anak dibesarkan dengan dukungan, ia belajar menyenangi diri.
  • Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan harapan, ia belajar cinta dan kehidupan.

0 komentar:

Posting Komentar