Minggu, 15 Juni 2014

kabar pagi ini

Leave a Comment
Ahad, 15 Juni 2014

Ahad pagi ini saya libur. Lepas dari ricuhnya dunia maya (masih) tentang capres, kalahnya Inggris tadi, dan gempita nya iklan sirup menyambut Ramadhan yang tinggal 2 pekan lagi, saya memilih untuk menyalakan Fikar si laptop dan mulai mendonlot Cosmos: a Spacetime Odyssey yang tayang tadi malam. Sambil menunggu donlotan, saya makan mi goreng. Ok ga penting, abaikan.
Sambil menunggu donlotan, saya menonton TVRI Nasional (hahaa banget...) yang saat itu sedang ngebahas betapa meleknya orang-orangnya Eropa sana tentang industri ramah lingkungan. Demen banget lah kalo bahasan kaya' gini, makin mupeng buat langsung merasakan tinggal di sana.

Nah, jadi Berlin, Jerman, orang-orang udah lebih milih buat pake carsharing kalo mau kemana-mana, jad lebih hemat dan juga ramah lingkungan. Sedangkan kalo buat mobil bisnis (mobil pengiriman paket) biasanya pake mobil elektrik atau hybrid yang udah ga ada gas buangnya. Keren banget lah. Selain itu di Jerman juga udah pada bikin baju daur ulang. Baju-baju lama yang ga kepake dikumpulin semua dan direcycle jadi baju yang baru lagi. Kata para pelaku bisnis ini, dengan cara recycle ini mereka bisa lebih ngehemat persediaan air, kapas, dan energi. Bayangin, setahunnya ada 10 ton baju yang bisa dibuat baju yang baru. Keren banget yah, beda banget sama mental pengusaha di Indonesia yang masih menomorsatukan untung, tapi ga peduli sama sekali dengan lingkungan.


Oiya, makin kesini makin candu sama hape  dan internet. Kerasa ga? 
Belakangan ini saya makin betah banget nongkrong di sela-sela tulisan kak Kuntawiaji yang lagi getol-getolnya nulis tentang segala hal tentang etika bersosial media. Kalo kak Kuntawiaji ini bikin buku yang ngebahas manusia-manusia post modern diliat dari segi keduniamayaan, (insha Allah) bersedialah saya beli bukunya serakus beli Taste Buds tempo hari. halo kak Kuuuun... kapan Hot Air Ballons nya terbiiiiiiit??? :P 

Saya merasa hubungan personal orang-orang masa kini sudah jauh bergeser setelah invasi besar-besaran dari produk messenger yang makin beragam. Ini semakin rumit, dan akan makin rumit jika kita terus menerus kehilangan kesadaran. Apalagi karena kita juga sudah mengkoneksikan perasaan kita ke dalam masalah sosial media dan interaksi di dalamnya.
Pernah ga dikatain, "kamu pake twitter kan? kok ga follow gue? jahat ah.. "
Padahal udah saling temenan di facebook, sering ngobrol di wasap, line, bbm, dan kakaotalk. Yah, ngerti sih temen.. tapi ga semua medsos juga harus terhubung kan. Apalagi ada banyak banyak tipikal orang yang sering ngeposting 1 hal yang sama di beberapa medsos yang dia punya. 1 hal dan bakal kita liat berulang-ulang di fesbuk, twitter, tumblr, line, bbm, wasap, kakaotalk, path, ect. bakal bosen tauk!
"Pesannya cuma di-read aja sama dia."
"Yah, gue dikacangin sama dia. Line gue ga dibales."
"Harusnya sih dia udah baca. Last login WhatsApp-nya jam 3, padahal gue kirim pesen ke dia jam 1."
Kita pasti familiar (atau pernah merasakan sendiri) situasi di atas. Dengan tersedianya messenger, kita seringkali secara tidak sadar menganggap lawan bicara adalah robot yang akan merespons secara otomatis, cepat, dan tepat setiap pesan yang kita berikan padanya. Kita lupa bahwa lawan bicara adalah manusia yang memiliki pertimbangan, emosi, dan berbagai kegiatan offline yang bisa jadilebih penting dari sekedar membalas pesan online.
Itu salah satu paragraf yang saya ambil dari tulisan kak Kuntawiaji. Iya banget kan? Kita sering nganggep lawan bicara kita kaya' Sim Simi, langsung ngebalas apapun pesan yang kita kirim kurang dari hitungan detik. Kita sering menganggap lawan bicara kita cuma sejauh jangkauan kita dengan handphone kita.

Ok, saya udah kebanyakan menghayal, mari tinggalkan sejenak Fikar dan melihat dunia offline dan langit biru di luar sana.
Cao!


0 komentar:

Posting Komentar