Sabtu, 06 Oktober 2012

Bromo: Ketika Ekspektasi Berbeda dengan Kenyataan

1 comment
Malang, 4 Oktober 2012

Bismillahirrahmanirrahim...
Saya tengah memasak Jumat pagi itu, ketika disms ukhti Dewi yang ngajak ke Bromo bareng ikhwah kampus dan berangkat Sabtu malam. okeeeeh, with no doubt, i said: "ikut!"
Semangat lah, ini bakal pertama saya ke Bromo. katanya ke Bromo itu enak... ga perlu hiking, sinyal bertebaran dimana-mana, bla bla bla.... jadi, santai sajalah saya... sabtu sore masih ikut kopdar KOLAM, trus pulangnya baru beli logistik... sungguh, ini benar-benar nyantai sekali.. jam 19.30 sabtu malam itu pun masih ngobrol ngalor-ngidul sama ibu di telepon...belum packing (hahaa..padahal pas mau ke Semeru itu aja H-5 udah  siap barang2 dan logistik dalam carrier dan 2 bulan sebelumnya udah push up minimal 10x tiap pagi dan banyak2in jalan kaki)...pokoknya ga ada persiapan khusus lah.

ok, skip...skip..skip.
ternyata berangkat ke Bromo itu pakai 3 mobil dan ada 27 orang, 11 ikhwan dan 16 akhwat..
jam 10 itu udah di mobil dan langsung capcus menuju Bromo lewat Pasuruan-Probolinggo. Sebenarnya sih setau saya ada jalur lain, lewat Tumpang... seperti pas mau ke Ranu Pane, tapi emang jalurnya membahayakan, jalannya cuma cukup buat 1 truk, kanan-kirinya jurang dan karena saya emang baru pertama kali ini ke Bromo, jadinya tsiqoh aja lah sama akh drivernya.

Sekitar jam 1 dini hari kami sampai di Wonokitri. ini adalah pos pertama untuk masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru sekaligus parking lot. Mobil biasa cuma sampai disini,  selanjutnya ada 3 pilihan, sewa hardtop, naik motor, dan --yang kami lakukan-- jalan kaki. kemudian kami nunggu portal dibuka... ada yang berhitung, ada yang foto-foto, ada yang ke WC... kalo saya mah teuteup: jadi tukang foto swasta gratisan. *sigh*
rame banget saat itu... sekitar 130an orang memadati Wonokitri, sama-sama nunggu portal dibuka. tapi mereka pada bawa motor semuanya.

jam 2 tepat portal di buka, sesuai rencana formasi awal, sebagian ikhwan jalan duluan, lalu akhwat, lalu sebagian ikhwan lagi di belakang... tapi baru 20m formasi tadi udah kocar kacir, pasalnya ada serombongan orang yang memblesak masuk barisan...akhirnya akhwat2 pada nunggu sampai orang-orang itu jalan duluan.
nah, seperti yang sudah saya tuliskan di awal tadi, ini adalah lawatan saya ke Bromo yang pertama kalinya... jadinya ya benar-benar khusnudzan aja pas disuruh jalan ke point Pananjakan buat liat sunrise. dekat pikir saya... paling 2 km lah... ternyataaa benar dah, tapi nambah angka 1 di depannya: 12 km... itu udah malem-malem, gelap maksimal (iyalah... siapa mau pasang lampu jalanan di hutan gitu..), dan nanjak pula. Subhanallah... formasi udah ga karuan bentuknya, ada yang kuat udah jauuuh banget di depan, ada juga cepet capek yang jauuuh di belakang. ada masanya saya jalan sendirian, kanan-kiri hutan, dan benar-benar ga keliatan apa-apa. alhamdulillah, ga ketemu dan ga ngeliat apa-apa.

1 jam berjalan ternyata udah banyak akhwat yang nitipin tasnya ke ikhwan-ikhwan. tergoda juga sih buat nitipin tas, apalagi tas saya lumayan gede dan banyak isinya. tapi ga boleh ah, saya kan mau jadi backpacker, masa' iya backpacker nitipin carriernya? ga ada dalam sejarah tuh!
akhirnya itu tas tetep dibawa sendiri, cuma saya pindahin posisinya ke depan biar bebannya ga nyusahin karena jalan terus nanjak.
Selama di perjalanan ketemu sama orang-orang di Wonokitri tadi yang naik motor.. mereka pasti bertanya-tanya kenapa perempuan-perempuan 'roker' ini pada jalan kaki malam-malam begini, dikiranya sedang diklat mungkin ya.

bulan gede yang menemani di perjalanan

yak, ayo 1 km lagi, Nursiiiiih... !!


finally, jam 4.20 kami sampai di point Pananjakan. (aaaak... sujud syukur).. langsung pada shalat Subuh. wudhunya? tayammum laaah... Islam ga pernah menyulitkan kok :) dan kemudian menikmati udara dingin dan sinar kemerahan matahari yang lembut dan malu-malu muncul di ufuk timur. guys, you know what? capek seabreg akibat jalan tadi langsung minggat entah kemana... yang ada itu cuma takjub, syukur, dan ..... #speechlees. itu indaaaah banget! Subhanallah, Maha Suci Allah yang telah menciptakan lingkaran besar nan indah dan baik hati itu.


Langsung jadi keinget salah satu cerpen dalam TasteBuds-nya kak Yunus Kuntawi Aji, "Bertanya"... langsung pengen video call-an sama sesiapa sajalah, demi nunjukin itu sunrise. pertama mau nelpon ibu, tapi kemudian ga jadi karena di rumah saya sana belum ada sinyal 3G.. :(, akhirnya nelpon si Firda saja... hahha..



setelah sarapan dan take some cool pictures, akh Sahli ngusulin buat langsung turun ke kawah. okeh, siap! pas beliau nunjukin jalan yang bakal kita lewatin, langsung berasa mau nyeplos "ciyus? miapah?" tapi enggak ding, itu bukan gaya guweh.. pokoknya, jalannya itu jauh banget... muterin gunung gitu, trus turunan ke padang pasir itu curam banget. awalnya ga yakin dan ga tega sama diri sendiri. tapi yaaa... udah capek-capek sampai sini, masa' nyerah di tengah jalan? akhirnya saya bilang dalam hati, "tak apa... belum tentu bakal berulang kok, udah yakin aja: destroy your day!"


akhirnya beneran melanjutkan perjalanan tadi... turun lagi, dan ternyata jalan menurun kali ini juga ga nyantai... soalnya jalannya curam banget dan licin, jadi malah banyak tenaga yang terpakai buat nahan tubuh supaya ga terguling ke depan.

ok, kita lewati saja. intinya setelah perjalanan super melelahkan (bahkan salah satu akhwat sempat mengusulkan buat nerobos aja jurang biar langsung nyampe di bawah, iya sih... langsung nyampe bawah, tapi ga tau ntar bentuknya kaya' apa) akhirnya kami sampai di savana, eh, lebih tepat disebut padang pasir lah ya.. dan, ternyata yang turun ke bawah itu ga semuanya, cuma 14 orang aja yang berhasil sampai bawah. yang lainnya malah ketiduran di tempat istirahat kedua tadi termasuk ketiga akh Driver, maklum lah ya.. yang habis nyetir semalaman dan akhirnya balik ke Wonokitri, 


jam 6.30 setelah beristirahat dan tidur-tiduran selama sekitar 1/2 jam di muka padang pasir, kami pun melanjutkan perjalanan untuk mengarungi samudra pasir yang terbentang luas di hadapan (eciyeeh..) woooh, ini pasirnya udah hangat, kena matahari pagi.. dan selama perjalanan itu ada-ada aja celetukan dari temen-temen perjalanan:
X: "kaya' di Padang Mahsyar ya..."
Y: "mungkin sama kaya' pas Rasulullah hijrah ke Madinah ya.."
Z: "pasirnya bisa buat goreng kerupuk ya?
zzzz... abaikan, ini garing.

kemudian sama ukh Rina saya diminta menghubungi orang-orang yang ga ikut turun tadi buat ngejemput kita nantinya, tapi saya telpon dan sms ga masuk-masuk, (padahal saya twitteran lho lancar banget...) alamat nih, udah pada capek banget, ga yakin deh kalo disuruh naik lagi ke tebing yang curam itu.
istirahat, makan coklat biar energinya pulih, dan jalan lagi.. orang-orang ini jalannya udah kaya' zombie, dan ternyata saya juga. 

.............................. tiba-tiba udah nyampe balik gunung tempat pura dan kawah aja, langsung pada ga bisa ngapa-ngapain...duduk di samping dinding pura dan ...tidur!! :D

saya lagi males cerita gimana baliknya dan bisa kembali ke peradaban. lain kali saja ya..
agak mengenaskan tapi seru sekali kok :)

oiya, setelah saya melewati hari itu saya yakin banget saya punya semacam kekuatan tersembunyi,  kekuatan yang bakal keluar dengan sendirinya kalo sedang dihadapkan dengan tidak adanya pilihan lain, alias the power of ujug-ujug. bagaimana saya bisa jalan sejauh itu? ada Allah yang menguatkan saya. Allah lebih tau sampai mana batas kekuatan saya. Subhanallah...
Allahu akbar! :D

foto-foto lain:
   

menantang sunrise

beautiful, isn't it?

'bread'fast and sunrise

maksudnya sih mau menggenggam sunrise







ada beginian lho di tengah gunung...





luas




kawah candradimuka #eh

1 komentar:

  1. Bromo Tanjung Pondok Pertanian
    Dalam rangka Memperkenalkan " Tengger-Bromo" dr segala aspek, dengan ini kami buka pondok pertanian tanjung-tosari unt umum, dng hanya membayar 'sukarela' (tanpa tarif)
    Pondok pertaniaan tanjung terletak di dukuh: Tanjung rt.03. rw.03.(KM 99) desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya)
    Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari 'Pasuruan' ambil arah malang smp di 'Warungdowo' (-+ 5km) belok kiri smp 'Ranggeh' belok kanan menuju 'Pasrepan' >>> 'Puspo' >>> melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh 'Jonggo" >>> melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Podok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 . Kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari.

    @.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana "sukarela" ke kotak dana perawatan pondok pertanian. (tanpa tarif)
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- /malam

    *.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.
    *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
    * dimasakkan prasmanan Rp.20.000,- 1x.makan. ( nego)

    # untuk informasi hub per sms/tlp: 081249244733 - 085608326673 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).
    # Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian

    BalasHapus